Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangan E-Business // BLC Telkom

DIGITAL MARKETING - E-Business



        Assalamualaikum wr.wb

    Hari ini laporan saya adalah mengenai Digital Marketing -  E-Business. Berikut adalah laporannya.

A.Pendahuluan

a.Pengertian

    e-Business merupakan kegiatan berbisnis di Internet yang tidak saja meliputi
pembelian, penjualan dan jasa, tapi juga meliputi pelayanan pelanggan dan kerja sama dengan rekan bisnis (baik individual maupun instansi). Dalam hal ini, semua dilakukan melalui teknologi informasi dan komunikasi serta kolaborasi dan interaksi komunikasi antara manusia dan organisasi melalui teknologi tersebut. Teknologi dimanfaatkan sebagai alat pertukaran, penyimpanan pemrosesan dan pengiriman informasi. Semua cakupan e-Business yang diperlukan, diintegrasikan ke dalam sebuah aplikasi yaitu E-Commerce yang menghubungkan perusahaan, konsumen bahkan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelayanan dan informasi yang dilakukan secara elektronik. intinya, e-business adalah alat yang membantu dalam berbisnis dan e-commerce adalah aplikas berbisnis seperti website belanja online dan aplikasi belanja online

b.Latar Belakang

    Mempelajari E-Business bab i tentang pengertian, kelebihan, dan kekurangan dari e-business

B.Maksud dan Tujuan

a.Maksud

    memiliki pengetahuan tentang e-Business, perkembanganya, aplikasinya hingga cakupannya serta tren e-Business saat ini sehingga dapat memahami konsepnya dengan benar.

b.Tujuan

    agar dapat Mengerti tentang FINANCIAL TEKNOLOGY (FINTECH)manfaat, kekurangan,. dan pengertian.

C.Batasan dan Ruang Lingkup

    BUKU E-Business bab I tentang pengertian, kekurangan, dan kelebihan e-business

D.Metode Pelaksanaan

    -Membaca materi  E-Business.pdf yang di berikan dan di bagikan
    -Memahami Pengerian, Kelebihan, dan kekurangan di dalam buku                
     E-Business BAB I

E.Alat dan Bahan

  1. Lapto
  2. Cas Laptop
  3. Mouse
  4. Keyboard
  5. Sinyal WIFI
  6. Listrik

F.Target Waktu

    (08.00 - 10.00) WIB

G.Tahapan Pelaksanaan

  1. Membaca buku Buku E-BISNIS.pdf bab 1 di laptop
  2. Menerangkan sedikit mengenai pengenalan e-business, dll

 
  • Penertian
    Perdagangan elektronik atau e-Commerce merupakan bagian dari e-Business, dimana cakupan e-Business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga kolaborasi mitra bisnis, pelayanan nasabah, sumber daya manusia, lowongan pekerjaan dan lain-lain. Selain teknologi jaringan www, e-Business juga memerlukan teknologi basis data, surat elektronik dan bentuk teknologi nonkomputer yang lain seperti sistem pengiriman barang dan alat pembayaran untuk e-Commerce ini.
  • sisi positif penerapan e-Commerce dan e-Business adalah sebagai
    berikut:
    1. Revenue Stream baru yang mungkin lebih menjanjikan dan tidak bisa ditemui di sistem transaksi tradisional. transaksi yang tidak mungkin di dapat di sistem perdagangan rdaisiona
    2. Dapat meningkatkan pangsa pasar (market exposure).
    3. Menurunkan biaya operasional (operating cost). maksudnya lebih hemat biaya
    4. Melebarkan jangkauan (global reach). maksudnya karena e bisnis menggunakan internet, maka jangkauannya bisa smpai ke seluruh dunia
    5. Meningkatkan customer loyality. maksudnya pembeli akan terus membeli di tempat tersebut. intinya pembeli akan menjadi langganan
    6. Memperpendek waktu produksi dan pemasaran. maksudnya lebih hemat waktu tidak seperti pasar tradisisonal yang harus menyiapakan barang di dahulu.
    7. Meningkatkan mata rantai pendapatan (value chain).
     
  • sisi negatif penerapan e-Commerce dan e-Business adalah sebagaiberikut:
    1. Pencurian informasi rahasia yang berharga. Tindakan ini bisa menyingkap semua informasi rahasia organisasi kepada pihak-pihak yang tidak berhak dan dapat engakibatkan kerugian yang besar bagi si korban. maksudnya hackers
    2. Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan. Kesalahan ini bersifat kesalahan non-teknis seperti aliran listrik padam atau jaringan yang tidak berfungsi. maksunya bila terdapat gangguan maka toko akan mati dan tdak bisa beroperasi
    3. Kehilangan kepercayaan dari para konsumen. Ini karena berbagai macam faktor seperti usaha yang dilakukan dengan sengaja oleh pihak lain yang berusaha menjatuhkan reputasi perusahaan tersebut. maksudnya orang yang memberi ulasan buruk
    4. Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak. Misalkan pembobolan sebuah sistem perbankan oleh hacker, kemudian memindahkan sejumlah rekening orang lain ke rekeningnya sendiri. maksudnya tindakan hacker jahat
    5. Kerugian yang tidak terduga. Disebabkan oleh gangguan yang dilakukan dengan sengaja, ketidak jujuran, praktek bisnis yang tidak benar, dan kesalahan faktor manusia atau kesalahan sistem elektronik. contohnya penipuan.

H.Temukan permasalahan dan cara penyelesaiannya

  1. selain dari pengertian, kekurangan, dan kelebihan dari e-business, selebhnya masih belum di mengerti; penyelesaiannya adalah mempelajari lebih dalam mengenai e-business dari buku e-business.pdf

I.Kesimpulan

    e-Business adalah serangkaian aktifitas bisnis yang memanfaatkan teknologi dan internet sebagai media transaksinya untuk menciptakan dan meningkatkan nilai bisnis tersebut meliputi sistem itu sendiri, edukasi pelanggan,pengembangan produk hingga pengembangan usaha yang ditekuni melalui e-Business.

J.Referensi

1.https://id.wikipedia.org/wiki/E-Business
2.Buku E-BISNIS.pdf
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url