SKKNI Soft Skill // BLC Telkom

SKKNI Soft Skill



        Assalamualaikum wr.wb

    Hari ini laporan saya adalah mengenai SKKNI Soft Skill. berikut adalah laporannya

A.Pendahuluan

a.Pengertian

    SKKNI adalah singkatan dari Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia. Tujuan dari SKKNI ini adalah untuk membentuk sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan bermatabat dan tidak kalah dari SDM dari luar negeri. SKKNI juga merupakan sebuah kompetensi dasar agar bisa di terima bekerja di dunia industri. dan SKKNI yang akan di bahas kali ini adalah mengenai SKKNI Soft Skill. jadi, apa itu soft skill? soft skill merupakan ketrampilan yang tidak terlihat namun memiliki pengaruh yang besar terhadap keberhasilan dalam pekerjaan secara khusus, dan di kehidupan secara umum. soft skills merupakan sekumpulan kompetensi yang mencakup keterampilan, pengetahuan, dan sikap atau tingkah laku sehingga membentuk kualitas individu yang dapat bekerja secara efektif untuk mencapai tujuan. soft skill ini sangatlah penting karena perusahaan sangat mementingkan soft skill di banding hard skill. yaitu sebesar 80% untuk soft skill dan sebesar 20% untuk hard skill atau teknis.

b.Latar Belakang

    Mempelajari Soft skill sesuai SKKNI

B.Maksud dan Tujuan

    Mampu menerapkan Soft Skill sesuai Standar kompetensi kerja nasional indonesia (SKKNI) 

C.Batasan dan Ruang Lingkup

    SKKNI Soft Skill dan Unsur unsurnya

D.Metode Pelaksanaan

    -Membaca materi SKKNI.pdf yang di berikan dan di bagikan
    -Memahami Pengerian, Unsur unsur, Dan dll yang berada di dalam SKKNI Soft      Skill.pdf
    -Bertanya bagi siapa saja yang masih belum mengerti tentang Soft Skill                  Menurut SKKNI

E.Alat dan Bahan

  1. Lapto
  2. Cas Laptop
  3. Mouse
  4. Keyboard
  5. Sinyal WIFI
  6. Listrik

F.Target Waktu

    (08.00 - 12.00) dan (13.00 - 16.00) WIB

G.Tahapan Pelaksanaan

  1. Memberikan dan menjelaskan sedikit mengenai Soft skill di dalam skkni
  2. membaca seluruh halaman skkni soft skill pdf 
    Dalam dunia kerja dua jenis keterampilan yang dikenal
yaitu hard skills dan soft skills. Hard skills merupakan keterampilan teknis
yang langsung terlihat dan dipraktikkan seperti keterampilan mengetik,
merakit komputer, dan lain-lain. Sedangkan soft skills merupakan
keterampilan yang tidak terlihat namun memiliki pengaruh besar terhadap
keberhasilan dalam pekerjaan. Dengan demikian, dalam pengertian yang lebih luas, soft skills merupakan sekumpulan kompetensi yang mencakup keterampilan,
pengetahuan, dan sikap atau tingkah laku sehingga membentuk kualitas
individu yang dapat bekerja secara efektif untuk mencapai tujuan.
Saat ini kompetensi soft skills lebih banyak dicari dan dibutuhkan
karena tantangan dunia kerja yang semakin kompetitif sebagai akibat
adanya persaingan global, tuntutan produktivitas berbasis kompetensi,
kebutuhan tenaga kerja yang kompeten, kinerja terukur, kerja tim,
komunikasi efektif, dan hubungan lintas bagian/negara. terdapat 5 tantangan dalam dunia kerja sehinggal soft skill menjadi sangatlah penting, yaitu:
  1. Globalisasi dan meningkatnya persaingan kerja sehingga mendorong tingginya kebutuhan terhadap pekerja yang mampu bekerja dalam tim, mengambil keputusan yang tepat, dan memiliki inisiatif untuk meningkatkan produktivitas.
  2. Globalisasi dan mobilitas internasional sehingga menuntut para
    pengusaha dan pemberi kerja untuk menghargai keragaman sosial,
    budaya, dan agama.
  3. Meningkatnya kompleksitas masalah ekonomi, sosial, dan hal-hal
    teknis yang membutuhkan pemikiran yang kritis serta kecepatan dan
    ketepatan dalam penyelesaiannya
  4. Perubahan yang intensif sehingga mendorong kebutuhan pekerja yang
    adaptif dan mau terus belajar.
  5. Perkembangan ekonomi yang berbasis pengetahuan sehingga
    keterampilan dalam komunikasi dan manajemen informasi menjadi
    sangat dibutuhkan.

Uraian Unit Kompetetif dalam membangun soft skill

*Membangun Konsep Diri Yang Positif dalam bekerja
*Meningkatkan Kemampuan pengelolaan waktu sesuai tuntutan kerja
*Memiliki Integritas sebagai Tenaga Kerja Profesional
*Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Memecahkan Masalah dan Mencari Solusi
*Membentuk Tanggung Jawab dan Komitmen dalam Bekerja
*Meningkatkan Standar Etika dan Etiket di Lingkungan Kerja
*Membangun ketekunan dalam pekerjaan
*Membangun kemampuan inisiatif dalam bekerja
*Mengembangkan kemampuan menghadapi tantangan di tempat kerja
*membangun kemampuan dalam pengelolaan emosi di tempat kerja
*Menerapkan Inklusif dan Kesetaraan Hak di Tempat Kerja
*Menerapakan Pencegahan kekerasan seksual di lingkungan kerja
*Menerapkan Pencegahan Tindak Perundungan (Bullying) di Tempat Kerja
*Meningkatkan kualitas penampilan prima
*Menerapkan Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin (5R) di Tempat Kerja
*Mengembangkan kemampuan mengeola keuangan dasar
*mengembangkan kemampuan berkomunikasi yang efektif
*mempersiapkan lamaran dan wawancara kerja
*mengembangkan kemampuan bekerja sama dengan tim
*mengembangkan kemampuan dasar dalam memimpin kelompok kecil

H.Temukan permasalahan dan cara penyelesaiannya

  1. -

I.Kesimpulan

    Soft Skill sangatlah penting karena merupakan sayrat terbesar untuk memasuki dunia kerja, yakni sbesar 80% untuk soft skill dan 20% untuk hard skill. soft skill sangatlah penting khususnya dalam standar SKKNI, karena merupakan acuan untuk bekerja. SKKNI Soft Skill juga memilikiunsur unsurnya, yaitu seperti yang sudah di jelaskan di atas.

J.Referensi

1.SKKNI-Soft-Skill-234.pdf
Next Post Previous Post
1 Comments
  • SyahrulNaufal
    SyahrulNaufal 21 Maret 2022 pukul 17.56

    blognya bagus pake banget , most recommended

Add Comment
comment url