Menjaga dan melayani pelanggan || OMAHGATGED
Menjaga dan melayani pelanggan servis hp || Omah Gatged
Assalamualaikum wr.wb
Hari
ini saya mandapat tugas untuk menjaga konter servis, dan melayani pelanggan atau user. dan laporan saya adalah mengenai cara malayani user atau pelanggan. berikut adalah laporannya.
A.Pendahuluan
a.Pengertian
ada pepatah yang mengatakan jika pelnggan adalah raja. maksud dari pepatah tersebut adalah kita harus melayani pelanggan seperti layaknya kita melayani seorang raja. yaitu memperlakukannya dengan sopan, menggunakan etika dalam berkomuniaksi, dll. sebab pelanggan adalah orang yang menjadikan koto kita atau tempat kita berkerja menjadi ramai dan juga pelanggan merupakan sumber penghasilan kita bayangkan jika toko kita tidak ada pelanggan yang adang atau akan menggunakan jasa kita, maka kita tidak akan medapat penghasilan.
b.Latar Belakang
Menjaga konter dan melayani pelanggan
B.Maksud dan Tujuan
a.Maksud
Mampu melayani pelanggan engan baik sehingga pelanggan menjadi nyaman dan akan terus menggunakan jasa kami.
b.Tujuan
melayani pelanggan dengan baik dan juga untuk agar bisa mendapat pengalaman dalam melayani pelanggan.
C.Batasan dan Ruang Lingkup
Melayani pelanggan, menanyai keluhan dan masalahnya, menjaga konter.
D.Metode Pelaksanaan
- Berjaga sembari menunggu pelanggan yang datang
E.Alat dan Bahan
- Nota
- bolpoint
F.Target Waktu
(08.30 - 19.00) WIB
G.Tahapan Pelaksanaan
- Melayani pelanggan dengan menanyakan keluhannya, masalahnya, dan lainnya.
- mencatat data pelanggan yang hpnya di titipkan di konter untuk di perbaiki contohnya, nama, no hp, tanggal masuk, merek hp,dan keluhan kerusakan
- menyampaikan laporan tentang masalah hp pada mas ipnu (ahli teknik servis hp)
H.Temukan permasalahan dan cara penyelesaiannya
- suara saya terlalu kecil; solusinya adalah menambah volume suara saya
- masih belum bisa melayani 100% ; solusinya adalah berusaha untuk melayani 100% mulai besok dan seterusnya
- hanya bisa melayani 1 pelanggan dan setelah itu diambil alih oleh teman; solusinya, mencoba lebih baik lagi untuk besok
I.Kesimpulan
jika melayani pelanggan jangan terburu buru dan santai saja tetapi tetap menerapkan sopan santun. juga saat melayani pelanggan tidak usah panik dan gugup.
J.Referensi
1.-