K3 || BLC Telkom
K3 || BLC Telkom
Assalamualaikum wr.wb
Hari ini adalah hari pertama semenjak dimulainya kegiatan i BLC Telkom, dan hari ini kami membahas tentang K3, yaitu kesehatan dan keselamatan kerja. berikut adalah laporannya.
A.Pendahuluan
a.Pengertian
K3 adalah kepanjangan dari Kesehatan dan Keselamatan Kerja, yang mana menurut wikipeia, K3 adalah bidang yang terkait dengan kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan manusia yang bekerja di sebuah institusi maupun lokasi proyek. Tujuan K3 adalah untuk memelihara kesehatan dan keselamatan lingkungan kerja.
b.Latar Belakang
Mempersiapkan diri untuk yang ingin pergi ke training cisco di jakarta dan untuk persiapan kerja di masa mendatang serta serta untuk diterapkan di kehidupan sehari hari.B.Maksud dan Tujuan
a.Maksud
mempelajari K3 karena Orang IT yang profesional “Wajib Memiliki Kecerdasan Emosional !” Dalam setiap menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.
b.Tujuan
agar menerapkan K3 di unia kerja maupun kehidupan sehari hari khususnya untuk orang yang ingin bekerja di bidang IT
C.Batasan dan Ruang Lingkup
Mempelajari K3; Aspek Lingkungan, Aspek K3, Aspek Motivasi, dan Aspek Kecerdasan Emosi.
D.Metode Pelaksanaan
- Mendengarkan penjelasan dari Mbah suro
E.Alat dan Bahan
- mbah suro menggunakan i pad
- beberapa menggunakan hp, dan beberapa orang menggunakan laptop
F.Target Waktu
(11.00 - 14.30) WIB
G.Tahapan Pelaksanaan
- Dimulai dengan mengumpulkan semuaa orang
- salah satu teman menjadi instruktur untuk membahas K3 sebelum mbah suro yang membahas mengenai K3
- saat sudah wakunya shalat jum'at, kami melaksanakan shalat jum'at
- saat sudah selesai shalat jum'at, kami melanjutkan kembali pembahasan mengenai K3 tetapi di lanjutkan oleh mbah suro. penjelasannya adalah sebagai berikut:
1. Aspek K3 - maksud tujuan solusi serta cara mengatasi permasalahannya.
3. Aspek Lingkungan - membangun kesadaran dan komitmen untuk menjaga keselarasan lingkungan (kebersihan, kesehatan, kerapian, keteraturan, kebersamaan, dsb)
4. Aspek Motivasi - Membangun motifasi dan kesadaran diri untuk menentukan visi kedepan yang ingin diraih selama di BLC Telkom Klaten.
5. Aspek Kecerdasan Emosi (Emotion Intelegent)
- Membangun Kesadaran Diri.
- Pengendalian diri dan bisa menempatkan diri dimana saja berada sesuai profesi dan kompetensinya.
- Motivatioan, harus memiliki motifasi, target serta tujuan yang jelas dimana saja berada, sesuai lingkungan dan kondisi dimana saja berada.
- Empaty, kemampuan untuk memahami reaksi emosional orang lain, tidak mudah ikut-ikutan dan terpancing emosi.
- Social Skill atau Ketrampilan Sosial, kemampuan untuk mengidentifikasi kebutuhan sosial dan cara memenuhi kebutuhan bersama tersebut dengan landasan bersama (bukan individual), mengelola komunikasi dan membangun jaringan bersama.
H.Temukan permasalahan dan cara penyelesaiannya
- -
I.Kesimpulan
- K3 sangatlah penting sebab,
J.Referensi
- https://id.wikipedia.org/wiki/Kesehatan_dan_keselamatan_kerja