Digital Marketing - DIGIPRENEUR // BLC Telkom (2)

DIGITAL MARKETING - DIGIPRENEUR



        Assalamualaikum wr.wb

    Hari ini laporan saya adalah mengenai Digital Marketing - DIGIPRENEUR (2) . Berikut adalah laporannya.

A.Pendahuluan

a.Pengertian

    Digital marketing berada pada revolusi industri 4.0 yang mana di dalam revolusi ini didukung oleh teknologi teknologi canggih yang dapat menjadi sarana pertukaran data dan saling berkomunikasi satu sama lain. contohnya IOT yang mana dapat mengghuungkan 1 perangkat dengan perangkat lainnnya menggunakan internet. masih banyak lagi kelebihan di dalam industri 4.0 ini, semuanya akan di bahas 1 per satu.

b.Latar Belakang

    Mempelajari Digital Marketing mengenai DIGIPRENEUR.

B.Maksud dan Tujuan

a.Maksud

    Mampu Menguasai Digital marketing lebih lanjut

b.Tujuan

    agar dapat Bekerja ataupun berwirausaha di atau dengan Digital marketing dan agar dapat lebih mengerti tentang revolusi indutri di dunia marketing..

C.Batasan dan Ruang Lingkup

    BUKU DIGIPRENEUS KEWIRAUSAHAAN

D.Metode Pelaksanaan

    -Membaca materi DIGIPRENEUR.pdf yang di berikan dan di bagikan
    -Memahami Pengerian, Unsur unsur, dll yang berada di dalam buku                     DIGIPRENEUR

E.Alat dan Bahan

  1. Lapto
  2. Cas Laptop
  3. Mouse
  4. Keyboard
  5. Sinyal WIFI
  6. Listrik

F.Target Waktu

    (08.00 - 12.00) WIB

G.Tahapan Pelaksanaan

  1. Membaca buku DIGIPRENEURSHIP KEWIRAUSAHAAN DIGITAL.pdf di laptop
  2. menyimpulkan terhadap apa yang sudah dibaca.

Keberadaan wirausaha digital tentunya menjadi potensi besar
bagi pemerintah, perguruan tinggi dan industri.

1.Proses Pengembangan Wirausaha Digital

    Proses pengembangan wirausaha digital diawali dari tahap usaha pemula (start-up) yang mengembangkan ide awal untuk mendapatkan hasil dari kerja kerasnya. Terdapat tiga tahap dalam pengembangan usaha digital yaitu tahap pengembangan ide, kemudian pengembangan usaha pemula selanjutnya manajemen usaha

2.Platform Digital

    Platform merupakan ruang digital yang menyediakan peluang usaha saling berhubungan baik antara pebisnis maupun dengan pelangga

Ada 4 hal menarik yang perlu diketahui dan dioptimalkan oleh para wirausahawan berhubungan dengan industri 4.0, yaitu :

  1. Mesin lama + konektivitas cepat = manfaat baru; Mesin skala industri adalah investasi besar bagi wirausahawan dan produsen
  2. Standar terbuka = ekonomi terbuka; Diperlukan inisiatif dan adaptasi dengan standar industri baru yang terbuka dan dikembangkan sendiri untuk pertukaran data dalam industri yang terhubung.
  3. Otomatisasi = peluang kerja baru; Ada kemungkinan terjadi redistribusi tenaga kerja yaitu membuka jalan bagi peluang kerja baru.
  4. Teknologi terhubung = kemudahan dan efisiensi bagi
    konsumen; Inovasi dalam Industri 4.0 berarti kualitas layanan dan produk yang lebih baik, penggunaan bahan yang lebih efisien dan standar keamanan yang lebih baik

Terdapat 4 Prinsip penting dalam industri 4.0 :

1. Interkoneksi (Interconnection)
    Prinsip pertama dalam revolusi industri 4.0 adalah interkoneksi atau hubungan antar manusia, alat, dan mesin dalam berkomunikasi satu sama lain dengan Internet of Things (IOT) atau Internet of People (IOP).
2. Transparansi Informasi
    Teknologi yang ada tentunya memungkinkan dan mempermudah seseorang dalam mengumpulkan berbagai jenis data penting dalam proses produksi untuk membantun mengambil keputusan. Prinsip interkoneksi juga membantu seseorang dalam mengidentifikasi area mana yang perlu mendapatkan sentuhan inovasi dalam proses produksi.
3. Bantuan Teknis
    Prinsip ketiga adalah bantuan teknis dengan informasi relevan dan penting untuk mengambil sebuah keputusan tepat dan memecahkan masalah dengan cepat. Selain itu, kehadiran cyber physical system akan membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaan berat dan berbahaya jika dilakukan secara manual.
4. Pengambilan Keputusan
    Cyber physical system akan memutuskan sendiri secara otomatis dalam melakukan tugas sesuai dengan fungsi yang benar tanpa membutuhkan campur tangan dari pihak eksternal.

Faktor pendukung di dalam revolusi industri 4.0 :

  • Internet of thing (IOT)
  • Big Data
  • Cloud Computing
  • Machin Learning

strategi dalam membuat digital marketing:

1. Membuat kerangka berfikir sebelum bekerja / menyusun ide atau rencana
2.Rekrut SDM yang tepat
3.Menggunakan teknologi yang tepat sesuai dengan kebutuhan
4.Pemamfaatan data Real Time
5.Membangun komunikasi anatara pengambilan keputusan dengan pelaku dunia digital
6.Penggunaan matriks risiko yang tepat

 tips untuk sukses dalam membangun digital marketing :
1. Kreatifitas adalah akar yang mendorong perkembangan produk atau jasa baru atau cara melakukan bisnis. Kreatifitas adalah dorongan untuk inovasi dan kemajuan. Kreatifitas adalah pembelajaran, pertanyaan, dan pemikiran diluar kebiasaan yang terus berjalan.
2. Dedikasi adalah yang memotivasi entrepreneur untuk bekerja keras, 12 jam/hari atau lebih, bahkan 7 hari seminggu, terutama di permulaan, agar kerja kerasnya mendapatkan hasil. Perencanaan dan ide harus diikuti dengan kerja keras untuk sukses. Dedikasi lah yang membuat semua itu terwujud.
3. Determinasi adalah keinginan yang sangat kuat untuk mencapai kesuksesan. Didalamnya meliputi kegigihan dan kemampuan untuk bangkit kembali dari waktu-waktu sulit. Determinasi dapat digambarkan seperti membuat panggilan
ke-10, setelah 9 kali panggilannya tak terpenuhi dan tidak menghasilkan apapun. Bagi para entrepreneur sejati, uang bukanlah motivasi utama. Sukses adalah motivator, uang adalah penghargaannya.
5. Fleksibilitas adalah kemampuan untuk bergerak cepat dalam merespon perubahan kebutuhan pasar. Misal, disaat ada seorang entrepreneur yang baru saja membuka usahapastry. Tapi pada saat itu yang sedang tren adalah kue
brownies. Dari pada terjadinya kehilangan pelanggan, entrepreneur tersebut memodifikasi tujuan utamanya untuk memenuhi kebutuhan pasar.
6. Kepemimpinan adalah kemampuan untuk membuat aturan- aturan dan untuk menetapkan tujuan (goals). Kepemiminan adalah kapasitas untuk mengikuti danmelihat apakah aturannya diikuti dan tujuannya tercapai.
7. Gairah adalah yang membuat entrepreneur memulai dan terus melakukan keinginannya. Gairah memberikan entrepreneur kemampuan untuk meyakinkan oranglain untuk percaya pada visi nya. Gairah tidak dapat menjadi pengganti perencanaan, namun tetap akan membantu untuk tetap fokus dan membuat yang lainnya melihatrencana sang entrepreneur.
8. Kepercayaan diri datang melalui perencanaan, yang menurunkan
kadar resiko yang tidak diinginkan. Kepercayaan diri juga datang dari keahlian. Kepercayaan dirimemberikan entrepreneur kemampuan untuk mendengarkan tanpa terpancing dan terintimidasi dengan mudah.
9. Cerdas terdiri dari akal sehat yang tergabung dengan pengetahuan atau pengalaman didalam bisnis yang berhubungan. Kecerdasan memberikan insting yang baik, di lainwaktu, keahlian juga. Seseorang yang sukses menjaga modal, skill finansial, pekerjaan,eduaksi, dan pengalaman hidup dapat dikategorikan sebagi seseorang yang cerdas

cara agar menjadi sukses yang lainnya adalah :

a. Mengetahui perilaku konsumen
b. Mengetahui Minat Konsumen
c. Mengetahui Kompetitorada Produk/Jasa
d. Mengetahui Hambatan Bisnis

Menyusun perencanaan usaha digital
1. Pengertian Perencanaan Usaha
2. Faktor Perenca. Menjelaskan situasi pasar dan ukuran pasar
    b. Estimasi size pasar yang ditargetkan.
    c. Memuat efek dari bisnis bagi pelanggan dan masyarakat
    d. Menggambarkan spesifikasi produk dan layanan
    e. Keunggulana sumberdaya manusia dalam manajemen
        dan operasional.
    f. Estimasi situasi pertumbuhan perekonomian.
    g. Ulasan deskripsi bisnis,
    h. Strategi pemasaran
    i. Analisa pesaing
    j. Mengulas secara singkat rencana desain
       pengembangan
    k. Mengulas rencana operasional dan manajemen
    l. Pembiayaananaan Usaha

Mengdentifikasi Resiko usaha. Berdasarkan kerugian yang dapat diakibatkan,
Resiko Usaha dikategorikan menjadi Resiko Spekulatif
dan Resiko Murni (Pure Risk)
1) Resiko Spekulatif, resiko spekulatif adalah resiko yang memiliki kemungkinan terjadinya dua peluang. Peluang terjadinya kerugian dan peluang terjadinya keuntungan. Peluang pertama adalah peluang keuntungan, keuntungan yang akan didapat oleh konsumen maupun investor atau jaringan usaha.
2) Resiko Murni, yaitu resiko yang bila manater jadi, pasti akan memberikan kerugian. Namun apa bila resiko ini tidak terjadi, juga tidak akan menimbulkan
kerugian ataupun suatu keuntungan. Ada dua macam akibat yang muncul dari terjadinya resiko ini, terjadinya kebangkrutan pada produsen produk.
3) Resiko Pemasaran, berkaitan erat dengan proses marketing dan pemasaran produk.
4) Resiko Sumber Daya Manusia, keterlibatan karyawan sangat besar dalam bisnis digital. Setiap orang yang memiliki kemmapuan digital akan dengan mudah
melakukan Tindakan ketidak jujuran.
5) Resiko Finansial, memiliki usaha dan bisnis digital harus siap dengan resiko ketidak pastian income atau pendapatan usaha.
6) ResikoTeknologi, resiko yang sering muncul lainnya adalah mengenai resiko teknologi yang sering digunakan. Usaha yang dijalankan biasanya selain
dibantu dengan tenaga karyawan, namun juga menggunakan bantuan mesin atau teknologi.
7) Resiko Permintaan Pasar, kegagalan memenuhi permintaan pasar pada produk/layanan jasa akan mengakibatkan konsumen mencari provider/ pengusaha digital lain.
8) Resiko Kerjasama, memiliki partner dalam berbisnis tidak selalu bermanfaat baik bagi usaha digital.

H.Temukan permasalahan dan cara penyelesaiannya

  1. -

I.Kesimpulan

    Digital marketing adalah tempat orang untuk mebuka usaha atau berwirausaha dengan menjual jasa atau barang menggunakan media elektronik dan menyeberkannya di internet contohnya aplikasi penjualan seperti tokopedia, shopee, lazada, dll. digital marketing juga merupakan tempat orang untuk membuka kios atau lapak bau tanpa menggunaka lahan dan hanya mengggunaka modal yang sedikit.

J.Referensi

1.DIGIPRENEURSHIP KEWIRAUSAHAAN DIGITAL.pdf

 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url