Pentingnya Etika Dalam Berkomunikasi || BLC Telkom

Etika Dalam Berkomunikasi || BLC Telkom

     assalamualaikum, wr.wb
        hari ini saya akan membuat sebuah laporan tentang Etika dalm berkomunikasi. berikut adalah laporannya.

A.Pendahuluan

     a.Pengertian

        Etika dalam berkomunikasi sangatlah penting, ini berfungsi agar orang yang anda ajak berkomunikasi merasa senang berbicara dengan anda. Etika dalam berkomunikasi juga berfungsi agar saat anda berbicara orang akan merasa kalau anda itu berkarakter, berwatak, dan anda memiliki sifat seperti sopan santun. etika dalam berkomunikasi juga merupakan bentuk sopan santun kita terhadap lawan bicara. sebelum kita mebahas Etika dalam berkomunikasi, kita harus membahas terlebih dahulu tentang Etika, Etiket, Etika dan Etiket yang baik dalam bekomunikasi, dan contoh Komunikasi yang baik.

a.Etika / Etik

    Etika berasal dari bahasa yunani yang artinya adalah Karakter, watak kesusilaan, atau adat kebiasaan dimana ini sangat berhubungan erat dengan konsep individu atau kelompok sebagai alat penilai kebenaran atau evaluasi terhadap sesuatu yang telah di lakukan.

b.Etiket

    Etiket adalah suatu sikap seperti sopan santun  atau aturan lainnya yang mengatur hubungan antara kelompok yang beradab dalam pergaulan.

c.Etika dan Etiket yang baik dalam berkomunikasi

  • Jujur dan tidak berbohong; artinya kita harus jujur dalam berkomunikas. tidak ada yang boleh di sembunyikan
  • Bersikap dewasa dan tidak kekanak kanakan; artinya jika kita berkomunikasi tidak usah memasukkan kata kata orang yang tidak kita sukai ke dalam hati atau lebih tepatnya tidak baperan, dalam artian kita tidak boleh  langsung main kasar jika kita tidak menyukai kata kata orang yang di ajak bicara.
  • Lapang dada dalam berkomunikasio; artinya kita juga harus menerima semua perkataan lawan bicara dengan ikhlas dan tidak baperan walaupun perkataannya menyakiti kita.
  • Menggunakan Panggilan yang baik; artinya kita tidak boleh memanggil orang dengan nama ejekan dan memanggilnya dengan panggilan yang baik.
  • Menggunakan Bahasa yang Efektif an Efisien; artinya kita juga harus memilih dan memikirkan kos kata apa/bahasa apa yang cocok sebelum perkataan tersebut di ucapkan kepada lawan bicara. contohnya jika kita berada di daerah jawa yang rata rata menggunakan bahasa jawa, maka kita juga harus menyesuaikan dengan bahasa yang ada. kita juga tidak boleh mencampur campur bahasa misalnya mencampur bahsa indonesia dan jawa.
  • Tidak mudah emosi dan emosional; artinya, kita tidak boleh baperan saat berbicara dengan seseorang. walaupun orang tersebut mengeluarkan bahasa yang kasar, tajam, ataupun menusuk.
  • Berinisiatif sebagai pembuka dialog; artinya, kita harus bisa berinisiatif untuk membuka suatu obrolan, contohnya adalah anda menanyakan nama ataupun mengucapkan salam kepada seseorang yang belum di kenal dulu lalu anda baru bisa bertanya/mengobrol tentang masalah lainnya.
  • Berbahasa yang baik, ramah, dan sopan; Artinya anda harus berbicara menggunakan Etika dan Etiket, yaitu dengan sopan, ramah, dan menyesuaikan dengan situasi dan kondisi.
  • Menggunakan pakaian yang pantas sesuai keadaan; contohnya adalah anda menggunakan seragam/baju yang rapi saat akan meeting.
  • Bertingkah laku yang baik; artinya, gunakanlah tingkah laku yang baik saat berkomkunikasi, contohnya adalah anda memperhatikan dan mendengarkan orang yang sedang berbicara dan tidak asik dengan urusan sendiri.

d.contoh teknik komunikasi yang baik

  • Menggunakan kata dan kalimat yang menyesuaikan lingkungan; contohnya, kita jangan menggunakan bahasa sumatra di daerah jawa, karena belum tentu orang orang jawa dapat memahami apa yang kita katakan
  • Menggunakan Bahasa yang mudah di mengerti; contohnya gunakanlah bahasa yang di mengerti oleh semua orang, contohnya bahasa indonesia
  • Menatap mata lawan bicara dengan lembut; janganlah menatap mata lawan bicara dengan mata sinis ataupun melotot, gunakanlah tatapan yang ramah
  • memberikan expresi yang ramah dan murah senyum; tersenyumlah saat sedang berbicara dengan lawan bicara. jangan malah menggunakan ekspresi marah ataupun yang lainnya.
  • gunakan gestur tubuh yang sopan dan wajar; contoh, janganlah kamu berbicara sambil berolahraga/bertingkah
  • bertingkah laku yang baik dan ramah terhadap lawan bicara; perlakukanlah lawan bicara dengan sopan dan lemah lembut
  • Tidak mudah terpancing emosi lawan; jangan langsung main kasar walaupun kata kata dari lawan bicara terkesan kasar.
  • menerima segala perbedaan pendapat; jangan langsung baper saat kamu menerima kritikan dari orang lain, tetapi jadikanlah kritikan tersebut untuk intropeksi diri sendiri.
  • Mampu menempatkan diri dan menyesuaikan gaya komunikasi sesuai dengan lawan berbicara; contohnya jika karakteristik lawan bicara tegas, maka kita juga harus tegas dalam menanggapinya.
  • menggunakan volume, nada, intonasi suara, serta kecepatan bicara yang baik; janganlah kamu cepat cepat saat berbicara yang mana membuat lawan bicara merasa tidak nyaman.
  • Menggunakan Komunikasi non verbal, contohnya berjabat tangan, barsaliman dll;
Sebagai tambahan juga, menggunakan 5W+1H merupakan jenis komunikasi yang efektif. untuk yang belum tahu, 5W+1H adalah:
-Who (siapa); ketahui siapa lawan bicaramu, jika kamu sedang berbicara dengan seorang abak kecil, maka berbicaralah dengan nada halus
-What (apa); ketahui apa yang ingin di bicarakan, tentukanlah apa yang ingin kamu bicarakan dengan lawan bicaramu
-Where (Di mana); Ketahui dimana tempat mu saat ini dengan lawan bicaramu, jika kamu berada di lapangan konstruksi, maka bahaslah tentang apa yang bersangkutan dengan konstruksi
-When (kapan); Ketahui kapan kamu berkomunikasi dengan Lawan bicaramu, jika kamu bertemu dengan lawan bicaramu, maka bahaslah tentang apa yang akan kamu lakukan besok, dll
-Why (mengapa); Ketahui mengapa kamu memilih topik tersebut, dengan begitu, kamu akan dapat membut alasan yang jelas.
-How (bagaiman); ketahui bagaiman kamu bisa memilih topik tersebut, itu semua agar kamu memiliki alasan yang jelas.

    b.Latar Belakang Masalah

        Agar dapat menggunakan Komunikasi yang baik dan benar, dan berani berbicara dan mengutarakan pendapat kepada seseorang.

B.Maksud dan Tujuan

    a.Maksud 

        Agar seseorang dapat mengetahui tentang tata cara berkomunikasi dengan menggunakan etika dan etiket serta dapat menggunakan sopan santun saat berkomunikasi.

    b.Tujuan

        Agar dapat menggunakan teknik berkomunikasi yang baik dan benar serta menggunakan Etika dan Etiket dalam berkomunikasi

C.Batasan dan Ruang Lingkup Pekerjaan

        Etika dalam berkomunikasi

D.Target dan Hasil Yang Diharapkan

        Orang yang mempelajari dapat menerapkan teknik berkomunikasi yang baik dan benar serta menggunakan etika dan etiket saat berkomunikasi khususnya dalam bekerja.

E.Metode Pelaksanaan Pekerjaan

        Menerapkan Teknik berkomunikasi menggunakan etika dan etiket dalam kehidupan sehari hari.

F.Alat dan Bahan

  • Materi pdf

G.Target Waktu

        09.00 - 12.00

H.Tahap Pelaksanaan

1.Menjelaskan mengenai Etika dan Etiket, Definisi,dan 5W + 1H
2.Menjelaskan Etika dan Etiket yang baik dalam berkomunikasi
3.Contoh Teknik Komunikasi yang baik dan benar

 

I.Temukan Permasalahan Serta Cara Menyelesaikannya

1.Bayak yang Belum bisa mempraktekkan etika dan etiket dalam berkomunikasi, penyelesaiannya adalah berusaha mempraktekkannya dalam kehidupan sehari hari.
2.masih banyak yang tidak bisa bisa berkomunikasi khususnya saat bertanya disebabkan rasa takut akan folbak yang di dapat, penyelesaiannya adalah lebih sering bertanya untuk membiasakan diri.

J.Kesimpulan

        Etika Dalam berkomunikasi itu sangatlah penting, khususnya saat berbicara kepada seseorang, karena etika dalam berkomunikasi juga melibatkan karakter dan sopan santun dari kita.

K.Referensi

  1. ETIKA_KOMUNIKASI.pdf
  2. ETIKA-PROFESI-DAN-PROFESIONAL-BEKERJA.pdf
  3. https://id.wiktionary.org/wiki/lapang_dada
  4. https://brainly.co.id/tugas/8083066
  5. https://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/artikel/bahasa-sebagai-jati-diri-bangsa-0
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url